Sabtu, 20 Juni 2015

BAB II Kebutuhan Tubuhku


Tema
  • Keluarga

Tujuan

  • Siswa mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan air pakaian udara lingkungan sehat) 
  • Siswa mampu membiasakan hidup sehat
A.  Kebutuhan tubuhku agar sehat dan kuat
  • Makanan sehat
makanan bergizi
tubuh kita perlu makanan
agar tumbuh sehat dan kuat


makanan yang bergizi
empat sehat lima sempurna
nasi sayur lauk pauk buah dan susu
makanan juga harus bersih 
  • Air

tubuh kita memerlukan air
air minum harus bersih
selain itu juga harus matang
bersih dari kotoran
bersih dari kuman penyakit
air perlu dimasak
air dimasak lebih sehat
air berguna untuk tubuh
  • Pakaian

kita semua perlu pakaian
pakaian sangat berguna
dapat melindungi tubuh
dari panas matahari
dari dinginnya malam
pakaian tidak harus baru
tetapi bersih dan rapi
  • Udara dan lingkungan sehat

kita tidak dapat melihat udara
karena udara berbentuk gas
tapi kita bisa merasakannya
agar kita selalu sehat
pagi udara segar
lingkungan bersih
toni di halaman
menghirup udara pagi
rasanya segar sekali
tidak lupa mengambil sampah
untuk menjaga kebersihan
lingkungan bersih udara segar

B. Membiasakan hidup sehat

  • mencuci tangan sebelum makan
sebelum makan tika mencuci tangan
bapak ibu juga mencuci tangan
tangan dicuci agar bersih
bersih dari kuman penyakit
sehingga tidak mudah sakit

  • menggosok gigi sesudah makan

menggosok gigi sangat berguna
sehabis makan gosok gigi
sebelum tidur gosok gigi
gigi menjadi bersih
gigi menjadi sehat
aku sehat sekali

  • olahraga
pada pagi hari
tika dan budi berlari
berlari membuat sehat

ibu senam pagi
bapak bersepeda

semua berolahraga
badan menjadi sehat
tidak mudah kena sakit
  •  istirahat
budi pulang sekolah

cuci tangan dan kaki
budi makan siang

budi merasa lelah
budi ingin tidur

budi tidur satu jam
bangun tidur terasa segar

karena sudah istirahat
maka bisa bermain lagi

 

Kamis, 04 Juni 2015

BAB VII Benda Langit

tema :
  • gejala alam

tujuan :
  • siswa mampu mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan
  • siswa mampu mengenal keadaan cuaca di sekitar kita
  • siswa mampu mengenal keadaan musim kemarau dengan musim hujan terhadap kegiatan manusia

A. mengidentifikasi berbagai benda langit

hari senin kelas satu belajar ipa
murid murid diajak keluar kelas oleh bu ida
anak anak pandanglah ke langit
dari arah timur sampai ke barat
apa saja yang kamu lihat
matahari bu jawab nani

awan putih sahut nita
awan tebal bu seru hari

burung sedang terbang bu sahut raka
benar anak anak sahut bu ida
sekarang gambarlah yang kamu lihat tadi
dan sebutkan namanya


B. keadaan cuaca di sekitar kita

benda benda langit kadang tidak tampak
kita pun tidak dapat melihatnya
mengapa demikian tanya bu ida
karena cuaca buruk bu jawab ali
karena awan tebal bu sahut sari
kalian benar jawab bu ida
cuaca buruk atau awan tebal
menyebabkan benda benda langit tidak tampak

apa yang terjadi ketika awan tebal
tanya bu ida
petir bu jawab rika
hujan deras bu sahut nani
ya bu hujan lebat sahut moni
kalian benar semua kata bu ida
jika akan hujan didahului mendung
anginnya dingin lalu turunlah hujan
suhu musim hujan dan kemarau berbeda
pada musim hujan suhu udara dingin
pada musim kemarau suhu udara panas

C. pengaruh musim terhadap kegiatan manusia

pada musim hujan suhu udara dingin
sebaiknya kita memakai baju tebal

mengapa demikian
supaya tidak kedinginan dan tidak mudah sakit
pada musim kemarau suhu udara panas
pakaian yang dipakai sebaiknya tipis dan menyerap keringat
pergantian musim kemarau dan hujan
berpengaruh terhadap kehidupan manusia
keadaan sawah saat musim kemarau
musim kemarau sawah kering
banyak tumbuhan layu dan mati karena tidak ada air
petani tak dapat mengerjakan sawah
keadaan sawah saat musim penghujan
ketika musim penghujan datang
sawah yang semula tampak gersang

sekarang tampak hijau menyenangkan
para petani senang sekali
kita pun turut gembira
membajak sawah dan menanam padi
air mengalir menyirami tanaman
tanaman menjadi hijau dan segar kembali
sawah bisa menghasilkan bahan makanan
kembali

BAB VI Tenaga Penggerak Benda

tema
  • kegiatan

tujuan
  • siswa mampu mengidentifikasi penyebab benda bergerak (baterai per/pegas dorongan tangan dan magnet)

A. sumber energi

benda dapat bergerak karena energi penggerak
energi juga disebut tenaga
contoh sumber energi yaitu
baterai pegas dorongan dan magnet

  • baterai

baterai dapat menggerakkan mainan
mobil mainan robot dan sebagainya

baterai juga dapat menyalakan lampu
punyakah mainan yang digerakkan dengan baterai

  • pegas

bermain ketapel
ketapel terbuat dari kayu dan karet
ketapel digerakkan oleh pegas

pegas ketapel terbuat dari karet
batu kerikil dapat meluncur karena pegas
punyakah kamu mainan dengan pegas
nana bermain panah
panah juga menggunakan pegas
anak panah dapat meluncur karena gaya pegas
benarkah pegas dapat menggerakkan benda

  • dorongan

gerobak dorong bergerak karena didorong
mobil mogok bergerak karena didorong
benda dapat berpindah tempat
karena didorong atau ditarik
pedati berjalan karena ditarik sapi
dorongan tangan dapat menggerakkan benda
letakkan bus mainan di atas lantai
doronglah

dapatkah bus mainan bergerak
mengapa bus mainan dapat bergerak
hentikan doronganmu
bergerakkah bus mainan tanpa didorong
  • magnet

magnet merupakan sumber energi
magnet dapat menarik paku
magnet juga dapat menarik jarum
banyak mainan anak menggunakan magnet
dapatkah kamu menyebutkannya


B. kegunaan energi dalam kehidupan sehari hari

lampu dapat menyala
karena ada energi listrik
lampu sangat berguna bagi kita
karena memberi penerangan
lampu listrik kipas angin
kipas angin dapat bergerak
karena digerakkan oleh energi listrik
kipas angin berguna
karena memberi kesejukan saat hari panas

ani menyeterika pakaian
pakaian ani menjadi rapi
seterika ani juga menggunakan energi listrik
panasnya seterika berasal dari energi listrik
listrik sangat berguna bagi kita

kita dapat melihat acara televisi
karena adanya energi listrik
selain energi listrik ada juga energi panas matahari

makhluk hidup butuh energi panas matahari
tumbuhan hewan dan juga manusia
matahari bisa mengeringkan pakaian basah
juga membuat udara tetap hangat

api juga merupakan energi panas
panas api digunakan untuk memasak
ibu menanak nasi menggunakan panas api
ibu memasak air menggunakan panas api
dengan api kita dapat memasak








Rabu, 03 Juni 2015

Membanding sistem pendidikan Finlandia- Indonesia


Pendidikan Finlandia Terbaik Dunia
Sistem pendidikan Finlandia adalah yang terbaik di dunia. Rekor prestasi belajar siswa yang terbaik di negara-negara OECD dan di dunia dalam membaca, matematika, dan sains dicapai para siswa Finlandia dalam tes PISA.  Amerika Serikat dan Eropa, seluruh dunia gempar.

Untuk setiap bayi yang lahir kepada keluarganya diberi maternity package yang berisi 3 buku bacaan untuk ibu, ayah, dan bayi itu sendiri. Alasannya, PAUD adalah tahap belajar pertama dan paling kritis dalam belajar sepanjang hayat. Sebesar 90% pertumbuhan otak terjadi pada usia balita dan 85% brain paths berkembang sebelum anak masuk SD (7 tahun).

Kegemaran membaca sangat aktif didorong oleh pemerintah. Finlandia menerbitkan lebih banyak buku anak-anak daripada negeri mana pun di dunia. Guru diberi kebebasan melaksanakan kurikulum pemerintah, bebas memilih metode dan buku teks. Stasiun TV menyiarkan program berbahasa asing dengan teks terjemahan dalam bahasa Finish sehingga anak-anak jugamembaca waktu nonton TV tidak hanya mendengar saja.

keunggulan mutu pendidikan Finlandia itu tidak mengherankan karena negeri ini amat kecil dengan jumlah penduduk sekitar 5 juta jiwa,  penduduknya homogen,  dan negaranya sudah eksis sekian ratus tahun. Sebaliknya,  penduduk Indonesia lebih dari 220 juta jiwa, amat majemuk terdiri dari beragam suku, agama, budaya, dan latar belakang sosial.  Indonesia baru merdeka 66 tahun.
 Hal-hal yang mendukung kemajuan pendidikan di Finlandia sebagai berikut ini:

  • Setiap anak diwajibkan mempelajari bahasa Inggris serta wajib membaca satu buku setiap minggu.
  • Sistem pendidikannya yang gratis sejak TK hingga tingkat universitas.
  • Wajib belajar diterapkan kepada setiap anak sejak umur 7 tahun hingga 14 tahun.
  • Selama masa pendidikan berlangsung, guru mendampingi proses belajar setiap siswa, khususnya mendampingi para siswa yang agak lamban atau lemah dalam hal belajar. Malah terhadap siswa yang lemah, sekolah menyiapkan guru bantu untuk mendampingi siswa tersebut serta kepada mereka diberikan les privat.
  • Setiap guru wajib membuat evaluasi mengenai perkembangan belajar dari setiap siswa.
  • Ada perhatian yang khusus terhadap siswa-siswa pada tahap sekolah dasar, karena bagi mereka, menyelesaikan atau mengatasi masalah belajar bagi anak umur sekitar 7 tahun adalah jauh lebih mudah daripada siswa yang telah berumur 14 tahun.
  • Orang tua bebas memilih sekolah untuk anaknya, meskipun perbedaan mutu antar-sekolah amat sangat kecil.
  • Semua fasilitas belajar-mengajar dibayar serta disiapkan oleh negara.
  • Negara membayar biaya kurang lebih 200 ribu Euro per siswa untuk dapat menyelesaikan studinya hingga tingkat universitas.
  • Baik miskin maupun kaya semua siswa memiliki kesempatan yang sama untuk belajar serta meraih cita-citanya karena semua ditanggung oleh negara.
  • Pemerintah tidak segan-segan mengeluarkan dana demi peningkatan mutu pendidikan itu sendiri.
  • Makan-minum di sekolah serta transportasi anak menuju ke sekolah semuanya ditangani oleh pemerintah.
  • Biaya pendidkan datang dari pajak daerah, provinsi, serta dari tingkat nasional.
  • Mengenai para prospek karier dan kesejahteraan, setiap guru menerima gaji rata-rata 3400 euro per bulan setara 42 juta rupiah. Guru disiapkan bukan saja untuk menjadi seorang profesor atau pengajar, melainkan disiapkan juga khususnya untuk menjadi seorang ahli pendidikan. Makanya, untuk menjadi guru pada sekolah dasar atau TK saja, guru itu harus memiliki tingkat pendidikan universitas.


Sedangkan, Kebijakan-kebijakan pendidikan Indonesia cenderung tentatif, suka coba-coba, dan sering berganti.

Lalu bagaimana dengan kebijakan pendidikan Indonesia jika dibandingkan dengan Finlandia?



  • Pendidikan di Indonesia di penuhi dengan test evaluasi seperti ulangan harian, ulangan blok, ulangan mid-semester, ulangan umum / kenaikan kelas, dan ujian nasional. Finlandia menganut kebijakan mengurangi tes jadi sesedikit mungkin. Tak ada ujian nasional sampai siswa yang menyelesaikan pendidikan SMA mengikuti matriculation examination untuk masuk PT.
  • KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) menyebabkan siswa yang gagal tes harus mengikuti tes remidial dan masih ada tinggal kelas. Sebaliknya, Finlandia menganut kebijakan automatic promotion, naik kelas otomatis. Guru siap membantu siswa yang tertinggal sehingga semua naik kelas.
  • Pemberian tugas Pekerjaan Rumah (PR) di sekolah Indonesia dianggap penting untuk mendisiplikan siswa rajin belajar. Sebaliknya, di Finlandia PR masih bisa ditolerir tapi maksimum hanya menyita waktu setengah jam waktu anak belajar di rumah.
  • Kualifikasi guru SD Indonesia masih mengejar setara dengan S1, di Finlandia semua guru tamatan S2.
  • Indonesia masih menerima calon guru yang lulus dengan nilai pas-pasan, sedangkan di Finlandia the best ten lulusan universitas yang diterima menjadi guru.
  • Indonesia masih sibuk memaksa guru membuat silabus dan RPP mengikuti model dari Pusat dan memaksa guru memakai buku pelajaran BSE (Buku Sekolah Elektronik), di Finlandia para guru bebas memilih bentuk atau model persiapan mengajar dan memilih metode serta buku pelajaran sesuai dengan pertimbangannya.
  • Jarang sekali guru di Indonesia yang menciptakan suasana proses belajar-mengajar itu menyenangkan (learning is fun) melalui penerapan belajar aktif. Bahkan lebih didominasi metode belajar  mengajar satu arah  seperti ceramah yang membosankan.Di Finlandia terbanyak guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan melalui implementasi belajar aktif dan para siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil. Motivasi intrinsik siswa adalah kata kunci keberhasilan dalam belajar.
  • Di Indonesia dikembangkan pengkatasan kelas yaitu klasifikasi kualitas kelas dalam kelas reguler dan kelas anak pintar, kelas anak lamban berbahasa Indonesia dan kelas bilingual (bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar) dan membuat pengkastaan sekolah (sekolah berstandar nasional, sekolah nasional plus, sekolah berstandar internasional, sekolah negeri yang dianakemaskan dan sekolah swasta yang dianaktirikan). Sebaliknya di Finlandia, tidak ada pengkotakan siswa dan pengkastaan sekolah. Sekolah swasta mendapatkan besaran dana yang sama dengan sekolah negeri.
  • Finlandia pelajaran bahasa Inggris mulai diajarkan dari kelas III SD. Alasan kebijakan ini adalah memenangkan persaingan ekonomi di Eropa, membuka kesempatan kerja lebih luas bagi lulusan, mengembangkan wawasan menghargai keanekaragaman kultural.Jumlah hari Sekolah di Indonesia terlalu lama yaitu 220 hari dalam setahun (termasuk negara yang menerapkan jumlah hari belajar efektif dalam setahun yang tertinggi di dunia). Sebaliknya, siswa-siswa Finlandia ke sekolah hanya sebanyak 190 hari dalam satu tahun. Jumlah hari liburnya 30 hari lebih banyak daripada di Indonesia. Kita masih menganut pandangan bahwa semakin sering ke sekolah anak makin pintar, mereka malah berpandangan semakin banyak hari libur anak makin pintar. Bahkan terkadang para guru mesih memberikan tugas sekolah selama masa liburan sehingga sekolah merupakan suatu hal yang tidak menyenangkan.




Buku IPA kelas 1 SD/MI

Untuk mendapatkan buku online bisa membuka link dibawah ini

http://bse.kemdikbud.go.id/buku/bukusd

http://download-bukupelajaran.blogspot.com/p/blog-page_7138.html


Silabus dan RPP kelas IPA kelas 1 SD/MI

Silabus dan RPP IPA Kelas 1 SD?MI bisa dilihat dibawah ini

http://forumdapodik.blogspot.com/2014/01/download-silabus-rpp-sd-kelas-123456.html

http://silabusrpp-berkarakter.blogspot.com/2012/10/contoh-silabus-dan-rpp-ipa-sd-kelas-1.html



Senin, 01 Juni 2015

BAB I Mengenal Anggota Tubuhku



Tema :
  • diri sendiri

Tujuan :
  • siswa mampu mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara merawatnya

A. anggota tubuh dan kegunaannya


bagian bagian tubuhku



Teman teman ikuti lagunya ya

                dua mata saya                 
hidung saya satu
dua kaki saya
pakai sepatu baru
dua telinga saya
yang kiri dan kanan
satu mulut saya          
tidak berhenti makan
ciptaan pak kasur



  • mata
mata menonton televisi
mata kita ada dua
mata digunakan untuk melihat
melihat gambar pemandangan
gunung bulan bintang hewan

  • telinga
telinga
mendengarkan radio
dua telinga kita
berada di kanan dan kiri
telinga berguna untuk mendengar
ada suara musik lagu nyanyian
semua menjadi ramai dan ceria

  •  hidung
hidung mencium wangi bunga
hidung kita satu
berada di tengah antara pipi
hidung digunakan untuk mencium
mencium harum bunga
mencium bau masakan ibu
enak sekali

  • lidah
lidah mencicipi makanan
lidah kita satu
berada di dalam mulut
lidah berguna untuk merasakan
rasa manis pahit asin dan asam
lidah juga berguna untuk bicara

  • kulit
kulit pada tangan digunakan untuk meraba dinding
kulit adalah lapisan penutup badan
kulit berguna untuk merasakan
halus kasar dingin dan panas
dengan kulit kita jadi tahu
bagaimana rasanya es
emm dingin
  • gigi
gigi berada di dalam mulut
gigi kita berwarna putih
gigi kita keras seperti tulang
gigi berguna untuk mengigit
juga memakan makanan



B. Merawat Anggota Tubuh

kamu pernah mendengar lagu ini
bangun tidur kuterus mandi
tidak lupa menggosok gigi
habis mandi kutolong ibu
membersihkan tempat tidurku





setiap hari adi mandi   
pagi dan sore hari
tidak lupa menggosok gigi
agar gigi sehat dan bersih
telinga kanan dan kiri juga dibersihkan
agar selalu bersih dan sehat
lubang hidung juga dibersihkan
agar bersih dan sehat
tubuh adi sehat dan kuat
karena rajin dibersihkan setiap hari

membersihkan gigi dengan sikat gigi


membersihkan telinga dengan kapas

merawat mata dengan obat tetes mata